Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Bunga Bangkai Pertama di Jakarta

Kompas.com - 16/12/2010, 10:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagai mendapatkan durian runtuh, tiba-tiba bunga bangkai atau raflesia arnoldi tumbuh di pekarangan rumah seorang kolektor tanaman langka, Abeh Sa'ari, di Jalan Pembina 5, RT 13/02, Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur. Bunga langka itu mulai tumbuh sejak bulan lalu.

Saat ditemui wartawan di kediamannya, Rabu (14/12/2010), pria asli Betawi itu mengaku kaget karena pekarangan rumahnya yang telah ditutupi conblock tiba-tiba saja terangkat, karena ada sesuatu yang menyeruak dari dalam tanah.

"Saya lihat seperti tumbuhan, terus saya bersihin conblock-nya, biar tumbuhan itu bisa tumbuh," ujarnya.

Kian hari tumbuhan itu berkembang. Lama-kelamaan Abeh pun mulai curiga dengan keanehan bentuk dari bunga yang tumbuh di pekarangan rumahnya itu. Akhirnya minggu lalu, bunga tersebut mekar, dan menunjukan wujud aslinya.

Bunga tersebut ditopang oleh sebuah batang hijau tua berdiameter sekitar 6 cm dari tanah. Kelopaknya berwarna hijau muda yang warnanya berubah menjadi merah tua di ujungnya.

Di tengah kelopak terdapat sebuah mahkota dengan serbuk berwarna kuning yang menghiasi di pangkalnya, sedangkan pada bagian atasnya bentuknya menyerupai jamur kuping berwarna merah marun.

Kemarin sore, sekitar pukul 16.00 WIB, usai kembali dari mushala, tiba-tiba Abeh mencium bau seperti bangkai tikus yang sangat menyengat di pekarangan rumahnya. Merasa terganggu, dia pun memutuskan untuk mencari sumber bau busuk tersebut.

"Saya lihat bunga itu banyak dikerubungi laler. Akhirnya saya tahu bau busuk ternyata dari bunga itu," katanya dengan bangga.

Sejak saat itu, dia pun teringat dengan cerita bunga raksasa yang juga mengeluarkan bau busuk, yang terdapat di pedalaman hutan Sumatera, bunga raflesia arnoldi atau sering disebut bunga bangkai.

Salah seorang anak Abeh yang bernama Chaerudin (29) akhirnya memberitakan kejadian tersebut di jejaring sosial sejak malam tadi. Ternyata banyak orang yang menganggap bunga tersebut adalah bung bangkai.

Pada saat bersamaan, Abeh memberitahukan hal tersebut kepada Lurah Cipinang Muara dan Camat Jatinegara. Camat Jatinegara Andri Ansyah yang melihat bunga itu pagi tadi, berpesan kepada Abeh untuk menjaga kelestarian bunga tersebut.

"Ini adalah fenomena pertama di Jakarta," tutur Andri dengan penuh kebanggaan. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com