Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawang Merah, Napas Kehidupan Brebes

Kompas.com - 06/12/2010, 03:42 WIB

Bagi masyarakat Kabupaten Brebes, bawang merah bagaikan napas kehidupan mereka. Hampir tiap sudut wilayah ini, ditemukan tanaman bawang merah. Sentra bawang merah tersebar di 11 kecamatan (dari 17 kecamatan) dengan luas panen per tahun 20.000- 25.000 hektar. Pada 2010 (hingga Oktober) produksinya mencapai 2,97 juta kuintal.

Dari data Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Brebes, sentra bawang merah tersebar di Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tonjong, Losari, Kersana, Ketanggungan, Larangan, Songgom, Jatibarang, dan sebagian Banjarharjo.

Dengan rata-rata kepemilikan lahan setiap petani sekitar 0,25 hektar, terdapat sekitar 100.000 petani pemilik tanah yang menggantungkan hidup dari bawang merah. Selain itu, ratusan ribu buruh tani lainnya, para pedagang, kuli panggul, sopir angkutan, hingga buruh petik, juga mengandalkan penghasilan dari tanaman tersebut.

Aktivitas para petani bawang merah pun menjadi pemandangan rutin setiap hari.

Pasangan suami istri, Wiryo (60) dan Suni (55) misalnya. Ditemui Minggu (5/12) di Desa Padasugih, Kecamatan Brebes, keduanya sibuk menjemur bawang merah, bersama para petani lainnya. Sudah lebih dari lima tahun, mereka mengolah lahan seluas sekitar 2.000 meter persegi di daerah itu. ”Kami menggarap lahan orang dengan sistem bagi hasil,” kata Suni.

Meskipun tak memiliki lahan sendiri, pasangan suami istri ini bisa melangsungkan hidup dan membiayai dua anak dari pertanian bawang merah.

Hasil panen bawang merah selain dikirim ke berbagai daerah, juga dijual langsung di pinggir jalur pantura dan jalan-jalan protokol lainnya dalam bentuk ikatan. Kehadiran pedagang bawang merah yang biasanya menjadi satu dengan pedagang telur asin, menjadi penanda bagi kendaraan dari luar kota, bahwa mereka telah sampai di wilayah Brebes.

Menurut Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Brebes, Masrukhi Bachro, rata-rata untuk proses pengolahan tanah hingga panen di lahan seluas satu hektar, butuh sekitar 400- 500 satuan kerja.

Sektor pertanian merupakan sektor yang dominan di Brebes. Dari sekitar 1,7 juta penduduk Brebes, sekitar 70 persen bekerja pada sektor pertanian. Sektor ini menyumbang 53 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Brebes, yang 50 persen dari pertanian bawang merah.

Kepala Bidang Agribisnis, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Brebes, Gatot Rudiono, menegaskan, bawang merah menjadi andalan di Kabupaten Brebes. Dalam situasi apa pun, petani tak pernah kapok menanam bawang merah. Dengan rata-rata kepemilikan lahan sekitar 0,25 hektar, penghasilan petani sudah bisa untuk menghidupi keluarga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com