Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lampung-Sumsel Siap Berdamai

Kompas.com - 26/11/2010, 20:46 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com — Tokoh pemerintahan dari kedua desa yang bertikai dalam bentrokan warga di Desa Wira Bangun, Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Lampung, siap memfasilitasi perdamaian. Islah ini melibatkan warga dari kedua provinsi, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan.

Rencana perdamaian ini menyusul terjadinya bentrokan berdarah di Wira Bangun yang menewaskan empat warga, Kamis (25/11/2010). Tiga warga yang tewas berasal dari Wira Bangun, Lampung. Adapun satu lainnya dari Pematang Panggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

Bersamaan dengan kunjungan Kepala Kepolisian Daerah Lampung Brigjen Sulistyo Ishak, Jumat (26/11/2010), aparat Desa Pematang Panggang, OKI, dan camat terkait juga hadir. "Mereka kami hadirkan sengaja untuk memulai pembicaraan (damai)," ujar Sulistyo.

Dalam sebuah pertemuan di Wira Bangun, Sulistyo dan jajarannya terlibat pembicaraan serius dengan para aparat dan perwakilan warga dari kedua desa. Menurut dia, langkah persuasif lewat penyuluhan dan ajakan berdamai harus lebih sering dilakukan. "Supaya ke depan, tidak lagi ada cekcok dan pertikaian berdarah. Jika ada masalah, selesaikan lewat cara-cara internal. Jangan saling emosi," kata Kapolda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com