Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Tewas Ditembak Brimob

Kompas.com - 08/11/2010, 19:50 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAMBI, KOMPAS.com- Seorang petani warga Desa Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Ahmad Adam (40), tewas ditembak anggota Brimob, Senin (8/11/2010) sekitar pukul 14.00. Penembakan terjadi saat puluhan warga Desa Senyerang melakukan aksi unjuk rasa memblokir Sungai Pengabuan dengan membentangkan kawat.

Aksi unjuk rasa terkait masalah sengketa lahan seluas 7.224 hektar antara warga dengan PT Wira Karya Sakti (WKS). Sengketa lahan itu telah berlangsung sejak tahun 2000, namun hingga sekarang belum ada penyelesaian.

Menurut Ketua Persatuan Petani Jambi Brontoseno, aksi pemblokiran sungai sudah berlangsung sejak tangal 4 November 2010. Sekitar pukul 13.30, sebuah kapal tanker menerobos blokade warga. Di belakang kapal tanker terdapat sebuah kapal penarik ponton yang mengangkut sekitar 30 personel Brimob bersenjata lengkap.

Puluhan warga naik perahu ketek mendekati kapal tersebut agar berhenti, namun anggota Brimob malah melepaskan tembakan peringatan. "Saya menghitung ada 50-an tembakan," kata Brontoseno.

Warga pun terpancing emosinya, sehingga melemparkan bom molotov ke arah ponton yang ditarik kapal tersebut. Sementara anggota Brimob terus melepaskan tembakan peringatan sehingga warga memilih mundur.

Saat warga mundur terjadi penembakan yang menyebabkan korban tertembak di kepala. "Korban sempat dibawa ke Puskesmas tapi nyawanya tidak tertolong," kata Brontoseno.

Kepala Bidang Humas Polda Jambi Ajun Komisaris Besar Almansyah belum dapat memberikan komentar terkait peristiwa tersebut karena belum menerima laporan lengkap.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.