Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Kelud Aman Dikunjungi

Kompas.com - 08/11/2010, 19:43 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com — Meski aktivitas sejumlah gunung berapi di Indonesia meningkat, tetapi hingga saat ini kondisi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berstatus aktif normal. Karena kondisinya aman, gunung setinggi setinggi 1.173 meter di atas permukaan laut itu justru banyak dikunjungi para wisatawan, terutama dengan munculnya kubah lava baru yang disebut Anak Gunung Kelud di kawah Gunung Kelud.

Petugas pengawas Gunung Kelud, Budi Priyanto, mengatakan, hingga saat ini aktivitas gempa vulkanik Gunung Kelud masih dalam batas normal. "Gempa vulkanik yang muncul masih normal karena dalam sehari hanya muncul sekitar lima kali gempa dan berlangsung hanya dua kali seminggu," katanya, Senin (8/11/2010) di Pos Pengawas Gunung Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kediri.

Menurut Budi, tanda-tanda peningkatan aktivitas Gunug Kelud biasanya terdeteksi apabila frekuensi gempa muncul berkali-kali, rata-rata 25 kali dalam satu jam. Sementara di Gunung Kelud aktivitas masih normal sehingga keadaan gunung berapi ini masih dalam kategori aktif normal.

Karena masih dinilai aman, saat ini Gunung Kelud justru banyak dikunjungi wisatawan, khususnya setiap akhir pekan. Salah satu pemandangan yang menarik di Gunung Kelud adalah munculnya Anak Gunung Kelud di kawah Gunung Kelud.

Anak Gunung Kelud muncul pada 3 November 2007 lalu saat aktivitas vulkanik Gunung Kelud meningkat. Waktu itu, lava yang keluar dari kawah Gunung Kelud membentuk sebuah kubah lava dengan tinggi 250 meter dan diameter 456 meter.

Karena kemunculan Anak Gunung Kelud, kawah Gunung Kelud yang awalnya berisi air sekitar 2,5 juta meter kubik kini tinggal tersisa air sekitar 400 meter kubik. Anak Gunung Kelud persis berada di tengah kawah. Kubah lava ini berwarna hitam dan berasap serta mengandung belerang.

"Agar aman bagi pengunjung, kami memasang pagar di sekeliling kawah karena batuan di batuan Anak Gunung Kelud masih labil," tambah Budi.

Sementara itu, Arif (20), pengunjung asal Blitar, mengatakan, ia dan beberapa temannya sangat penasaran dengan munculnya Anak Gunung Kelud di puncak Gunung Kelud. Karena itu, ia bersama teman-temannya datang ke Gunung Kelud.

Akhir pekan ini, tanggal 13 November hingga 14 November 2010, Pemerintah Kabupaten Kediri akan menggelar Festival Kelud di pelataran dekat kawah Gunung Kelud. Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, seperti panjat tebing dan penampilan kesenian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com