Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Hadiri Pertemuan ASEAN-India

Kompas.com - 30/10/2010, 09:24 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan menghadiri pertemuan puncak negara-negara anggota ASEAN dan India, dalam rangkaian acara KTT ke-17 ASEAN di Hanoi, Vietnam, Sabtu.

Pertemuan puncak Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) itu dihadiri para pemimpin anggota ASEAN dan kepala pemerintah India. Acara itu direncanakan digelar di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, pukul 09.00 waktu Hanoi. Tidak ada perbedaan antara waktu Hanoi dan Jakarta.

Sehari sebelumnya, Presiden Yudhoyono juga menghadiri pertemuan puncak antara ASEAN dan PBB. Pertemuan yang dihadiri Sekjen PBB Ban Ki-moon itu antara lain membahas proses penanggulangan bencana alam yang terjadi di Indonesia. Pertemuan puncak ke-17 ASEAN itu diikuti oleh para pemimpin dari 10 negara Asia Tenggara. Pertemuan puncak secara resmi dimulai di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, Kamis (28/10).

Upacara pembukaan itu diikuti oleh 10 kepala pemerintah dari negara anggota ASEAN, kecuali Presiden Yudhoyono, yang pada saat itu diwakili Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Presiden tidak hadir dalam upacara pembukaan karena harus memantau penanganan dampak bencana di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Para pemimpin ASEAN mengabadikan pembukaan pertemuan puncak itu dengan saling bergandeng tangan dalam sesi foto khusus. Mereka adalah Presiden Filipina Benigno Aquino, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, PM Thailand Abhisit Vejjajiva, PM Kamboja Hun Sen, PM Myanmar Thein Sein, Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, PM Laos Bouasone Bouphavanh, PM Vietnam Nguyen Tan Dung, Menko Perekonomian Indonesia Hatta Rajasa dan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

Tema pertemuan puncak tahun ini, yang kedua digelar di Vietnam, adalah "Menuju Masyarakat ASEAN: dari Visi ke Aksi" dengan PM Vietnam menjadi Ketua bergilir ASEAN. Dalam rangkaian pertemuan puncak ke-17 ASEAN itu juga diselenggarakan sejumlah pertemuan terkait, antara lain pertemuan rutin ASEAN+1, pertemuan puncak peringatan hubungan ASEAN-Selandia Baru, pertemuan puncak ke-3 ASEAN-PBB, pertemuan puncak ASEAN-Australia, pertemuan puncak ke-2 ASEAN-Rusia, pertemuan puncak ASEAN+3, pertemuan puncak ke-5 Konferensi Asia Timur dan pertemuan puncak Bisnis dan Investasi ASEAN.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com