Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FOTO: Duka Rakyat Antar Mbah Maridjan

Kompas.com - 28/10/2010, 16:29 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com — Rakyat berdukacita mengantar kepergian sang juru kunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan (83), dan adiknya, Udi Sutrisno, menuju liang lahat, Kamis (28/10/2010). Sang tokoh yang menjadi korban terjangan awan panas letusan Gunung Merapi ini dimakamkan di Dusun Srunen, Desa Glagahardjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keluarga besar dirundung duka. Saat prosesi pemakaman, Ponirah, istri Mbah Maridjan, dipapah dan terlihat tegar. Namun Wignyo Suprapto, adik Mbah Maridjan, tidak henti-hentinya menangis terisak. Tangisan duka mendalam itu pun kembali terurai seusai prosesi pemakaman, saat Wignyo menerima banyaknya ucapan belasungkawa.

Ratusan warga sebelumnya sudah berkumpul 2,5 jam sebelum jenazah Mbah Maridjan dan adiknya tiba di pemakaman. Seusai jenazah dikebumikan, pusara abdi dalem Keraton Kesultanan Yogyakarta yang diberi nama Mas Penewu Soeraksohargo ini tak sepi dikerumuni warga. Mereka silih berganti berdoa di pusara juru kunci Gunung Merapi yang setia ini.

Foto lengkap di: KOMPAS IMAGES

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com