Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Bergerak Bantu Korban

Kompas.com - 27/10/2010, 18:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Badan Usaha Milik Negara Peduli yang dikoordinasi oleh Kementerian BUMN siap membantu korban letusan Gunung Merapi di DIY dan Jawa Tengah serta tsunami di Mentawai, Sumatera Barat. BUMN Peduli dan Bank Tabungan Negara membantu korban Gunung Merapi Rp 500 juta dan Rp 150 juta.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar menyerahkan bantuan tersebut kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Rabu (27/10/2010). Dia didampingi antara lain Direktur Utama Mandiri Zulkifli Zaini dan Direktur Utama BTN Iqbal Latanro.

Mustafa mengatakan, pihaknya menyampaikan belasungkawa atas bencana Merapi dan memberi bantuan meringankan beban pengungsi. Beberapa BUMN juga memberi bantuan langsung ke lokasi. "Ini bantuan tahap pertama," ujar Mustafa.

BUMN melihat kebutuhan masyarakat dan siap membantu mereka. Hal serupa juga terjadi di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Untuk Mentawai, Kementerian BUMN sudah meminta Pertamina, Telkom, PLN, dan Bulog untuk membantu korban bencana. Menteri BUMN meminta manajemen keempat BUMN melaporkan langkah mereka menangani bencana Mentawai kepada Wakil Presiden Boediono yang meninjau ke lokasi pada Rabu (27/10/2010).

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DIY terus menyiapkan penampungan bagi pengungsi Gunung Merapi. Menurut Gubernur DIY, mereka akan segera rapat untuk menyusun langkah selanjutnya dalam menangani bencana alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com