Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Tebal Merapi Hambat Evakuasi

Kompas.com - 26/10/2010, 20:57 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com — Hujan abu tebal pasca-erupsi Gunung Merapi masih melanda Kelurahan Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. Akibat tebalnya abu, sejumlah warga Dusun Kinahrejo belum bisa dievakuasi.

"Belum ada yang berani ke sana karena terlalu gelap oleh hujan abu," kata salah satu petugas di barak pengungsian di kantor Kelurahan Umbulharjo, Selasa (26/10/2010).

Belasan penduduk Kinahrejo diduga masih bertahan di rumahnya. Desa ini merupakan kediaman juru kunci Merapi, Mbah Maridjan. Hingga saat ini, Mbah Maridjan juga masih bertahan di masjid Dusun Kinahrejo. Sebelumnya, Mbah Maridjan menolak upaya evakuasi.

Sementara menantu, cucu, dan sejumlah kerabatnya mengungsi ke barak pengungsian. Saat ini, sejumlah kerabat masih membujuk orang yang dituakan itu untuk mengungsi.

Sementara itu, lapisan abu tebal terlihat di semua permukaan benda di Kelurahan Umbulharjo. Menurut informasi sejumlah penduduk, selain hujan abu, Dusun Kinahrejo juga dilanda hujan pasir. Pohon tumbang di dusun itu diduga juga ikut hambat warga mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com