Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lombok Tuan Rumah TIME 12-15 Oktober

Kompas.com - 11/10/2010, 15:42 WIB

MATARAM, KOMPAS.com- Nusa Tenggara Barat kembali menjadi tuan rumah ajang promosi pariwisata dan perdagangan (TIME-Tourism Indonesia Mart and Expo) yang dijadwalkan berla ngsung, Selasa (12/10/201) hingga Jumat (15/10). Kegiatan dipusatkan di obyek wisata Senggigi, Lombok Barat.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB Awan Asminabawan dalam jumpa pers, Senin (11/10), di Mataram menyatakan, hingga Senin pagi tadi sedikitnya sudah 104 sailor dari 13 provinsi tercatat mengikuti kegiatan ini. Sedang para buyer terdaftar 118 orang dari 22 negara, seperti Eropa Barat, Eropa Timur, Amerika Serikat, Amerika Latin, China, Taiwan, Jepang, India, Timur Tengah.

Pameran, yang biayanya antara lain diambilkan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang bersumber dari PT Newmont Nusa Tenggara kepada Pemprov NTB, ditargetkan mencapai nilai transaksi 19,5 juta dollar, atau lebih tinggi dari TIME 2009 yang mencapai 17 juta dollar AS. Peningkatan transaksi diharapkan dari negara-negara yang tingkat perekonomiannya maju pesat seperti India dan China.

Peningkaan transaksi diperkirakan bisa dicapai jika dilihat dari buyers asal India yang datang ke Lombok sampai 25 orang, China 13 orang. Bahrain yang selama ini tidak termasuk dalam peta asal wisatawan mancanegara ke Lombok, justru diwakili tiga orang buyer untuk menghadiri TIME ini.

TIME 2010 rencananya akan dibuka Gubernur NTB Zainul Majdi, Selasa (12/10) malam, dan dihadiri 11 jurnalis asing. TIME ini diisi pula dengan trekking, kunjungan ke obyek wisata, sentra industri kerajin tenun dan gerabah di Pulau Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com