Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemarin, Pesawat Biru Itu Sempat "Jatuh"

Kompas.com - 24/09/2010, 11:19 WIB

JAKARAT, KOMPAS.com — Pesawat Cessna yang jatuh di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (24/9/2010) pagi, sedang melakukan akrobat dengan satu pesawat Cessna lainnya, masing-masing berwarna biru dan merah.

Menurut Wati, pengunjung Bandung Air Show seperti dikutip Elshinta, kedua pesawat sedang melakukan aksinya sekitar 10 menit. Pesawat Cessna biru yang sedang beraksi dengan terbang ke bawah dalam keadaan terbalik tiba-tiba jatuh ke tanah dan meledak.

Pesawat yang jatuh adalah Cessna jenis championship aerobatic superdecathlon PK-NZP yang dipiloti Alexander Supeli. Adapun pesawat yang satu lagi adalah Cessna 172 PK-NZC buatan Amerika tahun 1981.

Kemarin kedua pesawat juga sempat mempertontonkan kemahiran mereka melakukan akrobat udara kepada para pengunjung di Bandung Air Show.

Seperti dikutip Tribun Jabar, selama lebih kurang 15 menit, kedua Cessna ini beratraksi dengan beberapa gaya manuver, seperti split pass dan speed pass. Apalagi, saat mereka melakukan manuver membalikkan pesawat dengan kondisi roda di atas dan pilot di bawah, penonton langsung bertepuk tangan tanpa dikomando.

Saat itu Alexander Supeli sempat melakukan terbang di bawah 50 kaki dari ketinggian 500 kaki sambil menggunakan groove manuver seolah mau jatuh. "Yah, lihat pesawatnya seperti mau jatuh," ujar anak itu kepada ayahnya, Gun Gun Gunawan (29), kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com