Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeritan Petani Bawang Merah yang Gagal Panen

Kompas.com - 23/09/2010, 11:34 WIB

Sugiyo (44), petani bawang merah asal Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, tak pernah menyangka akan mengalami kerugian hingga lebih dari Rp 700 juta, pada tahun ini. Sebagai petani yang sudah berpengalaman menanam bawang merah, ia hampir selalu meraih keuntungan dari budidaya tanaman tersebut.

Namun, dengan pengalaman tersebut ternyata dia tak mampu melawan perubahan cuaca ekstrem yang terjadi tahun ini. Hujan yang terus-menerus, mengakibatkan tanaman bawang merahnya di semua lahan miliknya gagal panen.

Ditemui di gudang bawang merah miliknya di Desa Pagejugan, Senin (20/9), Sugiyo mengaku selain di lahan seluas tiga hektar di desanya, ia juga menanam bawang merah pada lahan sewa di Majalengka, Jawa Barat, yang luasnya sekitar delapan hektar.

Bawang yang ditanam Januari lalu di lahan di Desa Pagejugan sudah panen sekitar bulan Maret. Namun akibat tanaman bawang merah rusak terkena hujan, hasil panen yang diperoleh hanya Rp 35 juta. Jumlah ini jauh dari modal yang dikeluarkannya sekitar Rp 150 juta.

Biasanya produktivitas tanaman bawang merah bisa mencapai 12 ton per hektar, namun saat ini hanya Rp 1,5 ton per hektar.

Gagal panen juga terjadi di lahan bawang merah di Majalengka. Tanaman yang dipanen pada bulan Juni lalu, hanya menghasilkan Rp 75 juta, padahal modal yang dikeluarkan Rp 320 juta.

Bahkan hasil panen awal bulan September lalu, jauh lebih buruk. Modal yang dikeluarkan sekitar Rp 400 juta, tapi hasil panen ha nya Rp 12 juta. "Hasil penjualan panen bawang pun tidak cukup untuk membayar biaya kuli pemanen bawang," katanya.

Padahal, biaya kuli pemanen untuk lahan delapan hektar tersebut sekitar Rp 55 juta. "Semuanya gagal panen akibat hujan terus-menerus," katanya.

Gagal panen membuat dia kesulitan mengembalikan pinjaman ke bank sekitar Rp 220 juta. Dia pun harus membayar bunga pinjaman per tiga bulan yakni sekitar Rp 19,8 juta.

Kegagalan tak hanya dirasakan petani besar seperti Sugiyo. Sejumlah petani kecil di Pagejugan yang menanam bawang merah juga mengalami nasib serupa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com