Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Yogyakarta Bangun Planetarium

Kompas.com - 20/09/2010, 19:04 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta memastikan akan membangun planetarium sebagai wahana baru untuk menambah atraksi di Taman Pintar Yogyakarta. Jika terlaksana, ini akan menjadi planetarium keempat di Indonesia, dan ketiga di Pulau Jawa setelah planetarium Taman Ismail Marzuki Jakarta dan planetarium Surabaya.

"Pembangunan akan dilaksanakan pada pertengahan 2011 yang berlokasi di atap Gedung Taman Pintar. Anggarannya sudah dimasukkan dalam rancangan APBD 2011 nanti," kata Walikota Yogyakarta Herry Zudianto, Senin (20/9/2010).

Biaya konstruksi fisik planetarium berukuran 10 meter x 10 meter berkapasitas 70 pengunjung itu akan ditanggung sepenuhnya oleh APBD Kota Yogyakarta, yakni sebesar Rp 500 juta. Adapun pengadaan perangkat lunaknya akan ditanggung oleh Taman Pintar.

Ketua Unit Pelaksana Teknis Taman Pintar, Edy Heri Suasana menambahkan, planetarium itu akan menampilkan pertunjukan audio-visual rekaman benda-benda langit dan keantariksaan melalui teleskop proyektor Megastar yang dibeli dari Jepang dengan kisaran harga Rp 25 juta-Rp 75 juta per unit bergantung model.

Proyektor itu bisa menampilkan hingga 22 juta bintang yang gambarnya ditembakkan ke langit-langit bangunan yang berbentuk kubah. Jumlah itu dikatakan Edy lebih banyak dari yang dimiliki planetarium TIM Jakarta yang hanya bisa menampilkan satu juta bintang.

Selain simulasi jagat raya, planetarium Taman Pintar nantinya juga akan dilengkapi dengan tiga unit teleskop bintang agar para pengunjung bisa melihat langsung fenomena langit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com