Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Jayapura Sosialisasi Virus H1N1

Kompas.com - 17/09/2010, 06:26 WIB

SENTANI, KOMPAS.com - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II wilayah kerja Bandara Kelas I Khusus Sentani, Jayapura, Papua, memanfaatkan posko mudik lebaran 2010 untuk melakukan sosialisasi tentang penyakit flu babi atau H1N1.

Koordinator Posko mudik lebaran KKP Kelas II Jayapura Tatap Shinta Sihombing,S.KM, di Sentani, Jumat (17/9/2010) mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang penyakit tersebut dan gejala-gejalanya kepada masyarakat melalui berbagai kesempatan.

"Dengan sosialisasi ini masyarakat selalu mengingat dan mengetahui tentang penyakit tersebut," kata Shinta.

Ia mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara penularan dan gejala penyakit yang mematikan itu.

Mekipun, penyakit flu babi atau H1N1 baru menyebar di negara luar tetapi tidak menutup kemungkinan Indonesia terhindar dari penyakit tersebut.

Shinta menambahkan, sesuai dengan data dari WHO yang terbaru per 15 Juni 2009 penyakit tersebut telah menyebar ke 76 negara di antaranya adalah Malaysia, Singapura, Australia, Selandia Baru negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Dengan jumlah penderita 35.928 kasus dengan penderita yang meninggal sebanyak 163 orang.

Shinta mengatakan, dengan jumlah kasus tersebut, masyarakat harus mengetahui dan mengenali gelaja penyakit yang mematikan itu serta memahami cara pencegahannya dengan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit Flu babi atau H1N1 adalah jenis infulensa yang disebabkan virus influensi H1N1 dengan masa induksi 3 sampai 5 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com