Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Sewaan Sudah Habis Dipesan

Kompas.com - 08/09/2010, 17:09 WIB

Semarang, Kompas - Mobil sewaan (rental) sudah habis dipesan untuk waktu H-7 hingga H+7 Lebaran mendatang. Pantauan di Kota Semarang dan Solo sejak pekan lalu, pemesanan sudah dilakukan sejak sebelum datang bulan puasa, bahkan sekalipun tarif sewa naik hingga 50 persen.

"Stok mobil sudah habis H-10 karena dipesan pelanggan. Hanya pelanggan yang terpilihlah serta sangat dikenal yang kami siapkan mobil terbaik. Mereka bisa menyewa dengan tarif khusus. Masa sewa pun minimal 4 hari lebih, di bawah sewa empat hari itu tidak dilayani," kata Suparman, pemilik rental mobil di Pleburan, Kota Semarang, akhir pekan lalu.

Pelanggan biasanya menyewa mobil untuk keperluan mudik dengan rentang waktu paling banyak untuk tanggal 7-13 September. "Jenis kendaraan yang kurang laku justru sedan. Mungkin mobil jenis itu memang mewah, tapi tidak cukup banyak untuk memuat keluarga dengan lebih dari enam orang," kata Padmasari, pengelola Padma Rent a Car di Jalan Hanila, Krapyak, Semarang.

Di "Hiro Rent Car & Tour Travel", Solo, sebanyak sembilan mobil yang ada sudah terpesan untuk periode waktu H-7 hingga H+7 Lebaran. Kebanyakan memilih jenis mobil keluarga. Direktur "Hiro Rent Car & Tour Travel" Hero Mahatma mengatakan, kebanyakan penyewanya adalah orang yang ingin mudik ke Solo namun ingin mobilitasnya tetap terjaga tanpa harus repot membawa mobil dari daerahnya. Penyewa lainnya adalah orang yang tinggal di Solo dan ingin mudik ke kota lain.

Tarif sewa mobil termasuk sopir per 12 jam Rp 750.000 dari harga di hari biasa Rp 500.000. Untuk penyewaan minimal dua hari, tarif per hari dihitung Rp 750.000. Penyewa masih harus mengisi bahan bakar sendiri. Tren rental mobil untuk kebutuhan mobil mulai muncul tahun 2002 dan tampak meningkat cukup mencolok pada tahun 2007. "Tiket pesawat murah, orang tidak mau repot-repot lagi Lebaran naik mobil, capek dan repot di jalan," kata Hero.

Di Cipaganti Otojasa, jasa persewaan juga sudah penuh untuk H-7 hingga H+7 Lebaran dengan lama sewa rata-rata tiga hari dua malam. Kebanyakan digunakan untuk bepergian ke luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Cirebon. Selain mobil, menurut Customer Service Officer Cipaganti Cabang Solo, Edo, juga banyak disewa minibus untuk membawa 15-17 orang. (eki/who)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com