Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Pertama Hujan dan Angin

Kompas.com - 07/09/2010, 14:38 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Kantor BMKG Bogor memperkirakan, hujan turun di wilayah Bogor pada hari Jumat (10/9/2010) atau hari pertama Lebaran dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan itu juga kemungkinan diikuti angin kencang.

"Berdasarkan update data hari ini, wilayah Jawa Barat, yang artinya termasuk wilayah Bogor, berpotensi turun hujan, dari sedang hingga deras, yang disertai angin kencang," kata Koordinator Manajemen Data Kantor BMKG Bogor, Juniarto Widodo, Selasa (7/9/2010) siang.

Widodo menjelaskan, pemutakhiran data hari ini adalah untuk prediksi keadaan cuaca di wilayah Jawa Barat untuk tiga hari ke depan, yakni Rabu, Kamis, dan Jumat (8, 9, dan 10 September). Lebaran hari pertama diperkirakan jatuh pada Jumat 10 September.

Menurut Widodo, hasil analisis data saat ini menunjukkan, ada daerah tekanan rendah di Lautan India yang bergerak mendekati Selat Sunda. "Data itu memberi peringatan bahwa kita perlu kewaspadaan karena kemungkinan akan turun hujan dari sedang hingga deras yang disertai angin kencang," ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Widodo juga mengimbau masyarakat yang dekat atau tinggal di daerah yang kemiringannya sedang hingga curam untuk waspada. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan, longsor terjadi jika hujan cukup deras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com