Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Uang dari TKI Naik 20 Persen

Kompas.com - 05/09/2010, 17:46 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Sepekan menjelang Lebaran, pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia atau remittance ke Bantul naik 20 persen. Kenaikan tersebut karena tingginya kebutuhan menjelang Lebaran para keluarga TKI yang ditinggalkan.

"Biasanya rata-rata pengiriman uang TKI melalui jasa Western Union yang kami terima per hari mencapai Rp 10 juta, sekarang sudah naik menjadi Rp 12 juta. Nominal uang yang mereka kirimkan berkisar Rp 200.000 sampai Rp 3 juta," kata Kepala Kantor Pos Bantul, Sujatmiko, Sabtu (4/9/2010).

Menurutnya, selama Agustus total pengiriman mencapai Rp 300 juta. Pengiriman uang terdiri dari 326 transaksi yang sebagian besar berasal dari sejumlah negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Taiwan, dan Brunei Darussalam.

Dia mengatakan, kenaikan pengiriman uang biasanya karena permintaan dari pihak keluarga. "Menjelang Lebaran kebutuhan meningkat sehingga pihak keluarga membutuhkan pasokan dana lebih. Keluarga lantas meminta TKI untuk menambah jumlah uang yang mereka kirimkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com