Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu: Belum Ada Kesepakatan Batas

Kompas.com - 16/08/2010, 10:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, belum ada kesepakatan soal batas darat dan laut antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia di perairan Berakit, Kepulauan Riau.

Di perairan tersebut, tiga anggota patroli pengawas perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan ditangkap Polisi Diraja Malaysia, Jumat lalu, saat tengah menggiring lima kapal nelayan yang mencuri ikan.

"Faktanya, antara Pemerintah Indonesia dengan Malaysia, khusus di batas laut yang terkait, belum ada kesepakatan karena memang di antara kedua negara, perundingan belum dimulai dan belum ada persetujuan," ujar Marty kepada para wartawan, Senin (16/8/2010) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Namun, sambung Marty, Pemerintah Indonesia dan Malaysia telah memiliki tekad untuk mengatasi insiden ini dengan baik. Hal ini, kata Marty, sesuai dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar masalah tersebut diselesaikan dengan baik dan dengan cara-cara yang mencerminkan persahabatan antarkedua negara.

Marty menambahkan, sepanjang pagi ini, Kementerian Luar Negeri terus melakukan komunikasi intensif, baik dengan Kementerian Luar Negeri Malaysia dan juga Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Jenderal (Pol) (Purn) Da'i Bachtiar dan Konjen Indonesia di Johor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com