Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos Kesehatan Disediakan di Pelabuhan

Kompas.com - 10/08/2010, 22:47 WIB

CILEGON, KOMPAS.com - Upaya menjaga dan membantu para pemudik lebaran 2010, dinas perhubungan telah mengantisipasi dengan menyediakan enam pos kesehatan di Pelabuhan Merak, empat dalam pelabuhan dan dua di Terminal Terpadu Merak.

"Kami menyediakan empat buah pos kesehatan di dalam pelabuhan," kata Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry, Merak, Teja Suparna di Cilegon, Banten, Selasa (10/8/2010).

Penyediaan pos kesehatan itu, katanya, untuk memberikan fasilitas kepada penumpang yang sakit dan kelelahan diperjalanan.

"Kami berikan pelayanan kesehatan gratis kepada semua penumpang yang memerlukan pertolongan karena sakit," ujarnya.

Dalam pos kesehatan itu, sedikitnya ada satu dokter dan dua orang tenaga medis. "Jadi kalau ditotal semuanya ada empat dokter dan delapan tenaga media," ujarnya.

Ke-empat pos kesehatan itu, akan ditempatkan di bekas terminal, dermaga tunggu, shettler keluar kapal serta di dermaga II dan IV.

"Kami juga akan menyediakan tenda bagi pemudik yang menggunakan roda dua, agar tidak kepanasan saat mengantre," katanya.

Sementara untuk antispasi tindakan medis terhadap pemudik pihaknya juga menyediakan ambulance.

"Kita sediakan empat buah ambulance guna mengangkut pemudik ke rumah sakit jika sakitnya parah," ungkapnya.

Sementara itu Komandan Regu (Danru) Terminal Terpadu Merak Faturokhman, menyatakan, ada dua pos kesehatan yang akan disediakan oleh Dishub Cilegon selama arus mudik dan balik berlangsung.

"Bantuan ini diberikan kepada penumpang yang memerlukan secara cuma-cuma. Sementara tenaga medis dan ambulance didatangkan dari Dinas Kesehatan Kota Cilegon," kata Fatur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com