Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pencari Kerja Padati Pameran Bursa Kerja

Kompas.com - 05/08/2010, 16:16 WIB

Tegal, Kompas - Ribuan pencari kerja dari Tegal dan sekitarnya memadati Pameran Bursa Kerja yang diselenggarakan di Pusat Promosi dan Informasi Bisnis Kota Tegal, Rabu (4/8). Mereka berlomba mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan sejumlah perusahaan.

Pameran Bursa Kerja di Kota Tegal digelar selama dua hari, mulai Rabu (4/8) hingga Kamis (5/8). Pembukaan pameran dilakukan oleh Wakil Wali Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin.

Pada pelaksanaan hari pertama, para pencari kerja sudah mulai berdatangan sejak pagi hari, sebelum Pameran Bursa Kerja dibuka. Setelah selesai pembukaan, para pencari kerja saling berebut dan berdesak-desakkan untuk mendapatkan formulir pendaftaran.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Tegal, pada hari pertama pelaksanaan, jumlah formulir pendaftaran yang didistribusikan sekitar 2.500 formulir.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Tegal Sumito mengatakan, Pameran Bursa Kerja diikuti sekitar 54 perusahaan. Posisi pekerjaan yang tersedia sekitar 50 jabatan dengan kebutuhan tenaga kerja sekitar 5.808 tenaga kerja.

Lowongan pekerjaan antara lain meliputi dosen, dokter, humas, perawat, analis laboratorium, rekam medis, staf akuntansi, operator produksi, desain grafis, sopir, dan pemasaran.

Pameran Bursa Kerja, lanjut Sumito, dimaksudkan untuk mempertemukan pencari kerja dengan para pengguna tenaga kerja secara langsung. Diharapkan, para pencari kerja dapat tersalurkan ke dunia kerja sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan.

"Setelah kegiatan ini (Pameran Bursa Kerja), kami juga akan mengirim 37 tenaga kerja ke Batam," katanya.

Habib Ali Zaenal Abidin meminta agar perusahaan pengguna tenaga kerja memperlakukan tenaga kerja dengan baik serta memberikan hak mereka sesuai dengan ketentuan.

Pemkot Tegal akan mendukung sepenuhnya program perekrutan tenaga kerja dari Kota Tegal dan menjamin tidak adanya biaya. Saat ini jumlah pengangguran di Kota Tegal sebanyak 16.157 orang. (WIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com