Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Spa di Pohon Mangga!

Kompas.com - 02/08/2010, 16:04 WIB

Oleh: Benny D Koestanto dan Budi Suwarna

Ingin spa di atas batu karang atau di atas pohon mangga? Silakan pilih. Inilah jurus baru pelaku pariwisata Bali untuk memikat turis.

Sunset Road selepas petang. Ruko-ruko yang disulap sebagai tempat spa—kependekan dari sanus per aquam atau sehat dengan air—berpendaran cahaya. Di Spa Avenue, dua gadis cantik berkebaya bali menyambut para tamu seramah mungkin.

”Bapak mau spa apa? Ada paket spa cokelat, madu, avokado, anggur, atau pepaya,” kata seorang di antaranya sambil tersenyum.

Ketika tamu itu sepakat mengambil sebuah paket spa, gadis berwajah oriental yang bahasa tubuhnya seperti orang Jepang itu segera membawakan segelas kecil teh jahe. Lalu, ia bertutur tentang khasiat minuman tersebut.

Tempat spa yang baru berdiri dua-tiga bulan lalu itu bersaing dengan belasan tempat spa yang jaraknya berdekatan, seperti Reborn, Cozy, A Spa, dan Lulur Bali Tangi. Tempat-tempat spa tersebut umumnya berdiri tiga-empat tahun lalu seiring dengan perkembangan Sunset Road dari sebuah kawasan sepi menjadi kawasan bisnis baru di Denpasar.

Di Jalan By Pass Ngurah Rai, tempat spa tidak kalah ramainya. Di sana ada Lavender Spa, Coco de Heaven, Abiansmara, Chinese Dragon, Simpang Siur, dan lain-lain. Pengelola spa di sana memasang papan nama besar-besar dengan gambar bunga atau perempuan cantik sedang spa. Tulisan yang tertera di papan nama menggunakan aksara Latin, Inggris, Jepang, China, atau Korea.

Di Kuta, tempat pijat dan salon kecantikan pun ”mentransformasi” diri menjadi tempat spa meski layanan spa yang diberikan kebanyakan sebatas merendam kaki tamu dengan air hangat-hangat kuku, kemudian memijatnya. Spa di tiga kawasan itu umumnya melayani tamu kelas menengah. Tarif yang mereka patok masih bersahabat di kantong turis, yakni mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari paket layanan yang diambil.

Di luar itu, tumbuh pula spa-spa mewah. Di Jimbaran, ada Ayana Hotel and Spa yang menawarkan paket Spa on The Rocks. Sesuai dengan namanya, tempat spa berupa vila kecil yang nangkring di atas batu karang, tepat di bibir Samudra Hindia. Pada sore hari, tamu bisa menyaksikan matahari tenggelam sambil dipijat.

Di Ubud, ada Kirana Spa yang kamar-kamar spanya dibangun tepat di sisi lembah Sungai Ayung. Tidak jauh dari situ, ada Manggo Tree Spa di kompleks Kupu Kupu Barong Villas and Tree Spa. Seperti namanya, tempat spa tersebut dibangun di atas pohon mangga yang tumbuh di tepi jurang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com