Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kanci-Pejagan Siapkan 12 CCTV

Kompas.com - 23/07/2010, 12:34 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, PT Jasa Marga Cabang Palimanan Kanci menyiapkan kamera pengawas (CCTV) di 12 titik di sepanjang 26,3 kilometer ruas tol tersebut.

M Zahir Siregar, Kepala Cabang PT Jasa Marga Palimanan-Kanci (Palikanci), mengatakan, tujuan pemasangan kamera pengawas di 12 titik adalah untuk menjamin kelancaran lalu lintas kendaraan yang melintas di ruas Tol Palikanci.

Keberadaan kamera CCTV memudahkan petugas jalan tol ataupun pihak kepolisian mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan akibat kepadatan jumlah kendaraan selama arus mudik dan balik Lebaran. Dari 12 kamera CCTV, lima di antaranya dipasang di lima gerbang tol, yaitu gerbang Tol (GT) Tegal Karang di KM 207, GT Plumbon 3 di KM 213, GT Plumbon 4, GT Ciperna, dan GT Kanci lama. Sisanya di KM 209, KM 211, KM 219, KM 226, KM 229, KM 233, serta jalur akses kanci (di sekitar lampu lalu lintas pantura Kanci).

Pemasangan kamera pengawas di 12 titik itu karena lokasinya dianggap rawan kemacetan, rawan kecelakaan, rawan gangguan ketertiban, serta lokasi pantau untuk memudahkan pengaturan lalu lintas. "Salah satu lokasi yang rawan gangguan ketertiban adalah di sekitar GT Tegal Karang karena banyak pedagang asongan yang jualan di sana, tetapi nanti pasti ditertibkan," ujar Zahir.

Sementara titik kemacetan di Tol Palikanci yang jadi perhatian adalah di sekitar akses masuk GT Plumbon 3 akibat limpahan mobil dari arah Bandung dan Majalengka serta GT Ciperna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com