Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Juli, Sail Banda 2010 Dimulai

Kompas.com - 02/07/2010, 16:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kelautan dan Perikanan, beserta TNI Angkatan Laut mengumumkan, pada 4 Juli program nasional "Sail Banda 2010" akan dibuka dengan pelepasan Operasi Bakti Surya Baskara Jaya oleh Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dari dermaga Kolinlamil Jakarta.

"Dengan didukung 17 kementerian, pada dasarnya Sail Banda lanjutan dari Sail to Bunaken. Namun ada perbedaan, Sail Banda lebih kepada kegiatan yang menyentuh seperti baksos (bakti sosial)," ujar Dirjen Pengawasan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Heru Satrio dalam jumpa pers di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (2/7/2010).

Sail Banda merupakan program nasional, bahkan menuju internasional yang bertujuan memperkenalkan potensi kekayaan laut Indonesia. Kegiatan Sail Banda dipusatkan di Ambon dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Buru, Masohi, Pulau Banda, dan pulau-pulau kecil lainnya.

"Kegiatan yang dilakukan ada pengobatan, terapi gigi dan mulut, katarak, pemberian obat-obatan, bantuan obat-obatan kepada hewan, dan pembangunan sarana umum seperti jalan, masjid, dan gereja," kata Kadispotmar TNI AL Surya Wiranto dalam kesempatan yang sama.

Selain kegiatan bakti sosial, peserta Sail Banda akan mengikuti Yacht Rally dan Race, seminar nasional dan internasional, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari yang merupakan kegiatan serupa dialog pemuda, serta kunjungan ke museum oleh para remaja.

Kemudian juga akan dilangsungkan peringatan ulang tahun RI di pulau terluar, Seafood and Fish Product Expo, pentas budaya dan olahraga, serta puncak acara pada 2-3 Agustus yang akan diisi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Pada puncak acara, Presiden akan mengumumkan pencanangan Maluku sebagai lumbung ikan, tujuan wisata," ujar Kepala Pusat Informasi Perekonomian, Badan Informasi Publik, Kemenkominfo, Isa Anshary dalam kesempatan yang sama.

Pemilihan Kota Ambon sebagai pusat kegiatan Sail Banda dikarenakan Ambon dinilai sebagai pintu gerbang untuk memasuki wilayah timur Indonesia. "Kita harapkan Ambon jadi pintu gerbang pembangunan bangsa dalam sektor kelautan dan perikanan," kata Heru.

Sail Banda 2010 juga didukung negara lain, seperti Singapura, Amerika, dan Australia, yang mengikutsertakan kapal mereka dalam pelayaran Sail Banda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com