Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Tenggelamkan Muara Teweh

Kompas.com - 14/05/2010, 16:25 WIB

MUARA TEWEH, KOMPAS.com - Sejumlah dataran rendah di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Barito setelah hujan deras mengguyur wilayah itu selama beberapa hari terakhir.

"Di kawasan tempat tinggal kami banjir masuk rumah sedangkan di jalan air setinggi pinggang orang dewasa," kata warga Gang Jambu Muara Teweh, Syarbani, Jumat (14/5/2010).

Banjir yang melanda Muara Teweh ini juga merendam sejumlah ruas jalan seperti Jalan Imam Bonjol, Jalan Merak, Jalan Mawar dan Gang Paraguay, Jalan Dahlia dengan ketinggian air bervariasi antara 0,5 - 1 meter.

Saat ini, kata Syarbani, warga siap mengangkut sejumlah barang rumah tangga ke tempat yang lebih aman dari banjir.

"Air cepat naik dan diperkirakan terus naik karena di wilayah hulu atau di Kabupaten Murung Raya hujan terus turun," katanya.

Selain Muara Teweh, banjir musiman ini juga dipastikan merendam sejumlah kawasan di pinggir Sungai Barito di antaranya Kelurahan Jambu dan desa-desa di dataran rendah.

Bahkan kawasan perdagangan di Jalan Panglima Batur Muara Teweh juga terendam banjir sehingga sejumlah toko tutup karena air mulai masuk tempat tinggal pedagang.

Naiknya air Sungai Barito sepanjang 900 kilometer yang kawasan hulunya berada di Kabupaten Murung Raya, Kalteng dan bermuara di laut Jawa, ini juga mengganggu transportasi sungai terutama angkutan kapal dan tongkang bertonase besar.

"Sejak Rabu angkutan bertonase besar dilarang berlayar karena tidak bisa melewati jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh akibat debit air di atas normal," kata Petugas Teknis Lalu Lintas Sungai pada Dinas Perhubungan Barito Utara Rizalfi.

Sejumlah kapal tunda (tug boat) dan tongkang kosong maupun bermuatan puluhan ribu ton batu bara terpaksa bersandar di kawasan hutan pedalaman di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com