Guru Unjuk Rasa ke Kemendiknas

Kompas.com - 11/05/2010, 09:56 WIB
EditorGlo

JAKARTA, KOMPAS.com - Guru-guru yang tergabung dalam organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berunjuk rasa di kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Selasa (11/5/2010).

Para pendidik ini memprotes pembubaran Direktorat jenderal peningakatan mutu pendidik tenaga kependidikan (Ditjen PMPTK) di Kementerian Pendidikan Nasional. Puluhan guru dari PGRI DKI Jakarta dan Banten berkumpul di halaman kantor Kemdendiknas.

Sejumlah spanduk yang dipasang di lokasi unjuk rasa bisa mencerminkan suara para guru. Mereka memandang, pembubaran Ditjen PMPTK merupakan pelecehan pada guru. Keputusan Pemerintah melikuidasi Ditjen PMPTK dikhawatirkan akan mengakibat diabaikannya kualitas dan kesejahteraan guru.

PGRI mengusulkan supaya dibentuk badan pengelolaan guru secara nasional yang bertanggung jawab secara langsung. Bukan seperti keputusan Pemerintah yang menempatkan penanganan guru di beberapa direktorat yang hanya akan menambah panjang rantai birokrasi dalam penanganan masalah guru.

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistiyo mengatakan para guru kecewa dengan keputusan pemerintah yang melikuidasi Ditjen PMTK. Menurutnya, persoalan guru harus ditangani secara serius oleh pejabat yang memiliki kewenangan untuk mmebuat kebijakan.

"Mulai hari ini para guru akan berunjuk rasa di Kemendiknas dan PGRI. Kami menuntut Ditjen PMPTK dikembalikan atau pembentukan badan guru secara nasional. Perjuangan ini supaya guru tidak lagi dipinggirkan seperti sebelum adanya UU Guru dan Dosen," jelas Sulistiyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.