Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Ratusan Buruh Kesurupan Sejam Lebih

Kompas.com - 29/04/2010, 23:34 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com — Ratusan buruh pabrik PT Young Jin yang memproduksi pakaian jadi di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kesurupan massal.

Informasi yang dihimpun Kamis (29/4/2010) menyebutkan, peristiwa kesurupan massal yang menimpa ratusan buruh tersebut sudah terjadi sejak Rabu lalu dan kejadian yang sama terulang pada Kamis.

"Semula hanya satu orang yang mengalami kesurupan, tetapi kian lama kesurupan menjalar ke ratusan buruh lain yang sedang bekerja. Peristiwa tersebut berlangsung sampai satu jam lebih," kata salah seorang buruh, Emi Mulyani (35).

Menurut dia, kejadian seperti itu bukan pertama kali karena sebelumnya kesurupan juga pernah terjadi, tetapi tidak sebanyak ini.

Untuk mengantisipasi bertambahnya buruh yang kesurupan, pihak manajemen PT Young Jin terpaksa menghentikan aktivitas bekerja para buruh dan memulangkan buruh yang sedang bekerja.

"Hingga kini jumlah buruh yang kesurupan mencapai ratusan orang dan mendapatkan bantuan seadanya dari pihak keamanan. Buruh lainnya juga membantu membacakan doa," kata Emi.

Kapolsek Cicurug AKP Musimin mengatakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya meminta kepada manajemen pabrik untuk menghentikan sementara kegiatan produksi.

Selain itu, pihaknya juga khawatir kesurupan massal ini menjalar ke buruh lain yang sedang bekerja dan bisa membuat kekacauan.

"Kejadian ini cukup membuat kacau produksi di pabrik tersebut. Untuk itu kami meminta kepada pihak manajemen agar segera memberhentikan produksi hingga kondisi buruh kembali pulih," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com