Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Azan Subuh Batal, Jamaah Lari

Kompas.com - 07/04/2010, 10:30 WIB

SINABANG, KOMPAS.com — Gempa bumi yang terjadi saat waktu shalat subuh di Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Rabu (7/4/2010), menimbulkan kepanikan bagi warga setempat. Tak terkecuali mereka yang sedang berada di dalam masjid untuk menunaikan ibadah shalat subuh.

"Waktu itu kami, sekitar 30 orang, sedang berada di masjid untuk melaksanakan shalat subuh di Masjid Agung Baiturahma di pusat Kota Sinabang, letaknya kira-kira 200 meter dari garis pantai. Tidak ada tanda-tanda apa pun sampai akhirnya gempa itu terjadi," kata Liswadin, pengurus Masjid Agung Baiturahma Sinabang yang dihubungi siang ini.

Menurut Liswadin, sesaat sebelum kejadian, azan sudah sempat dikumandangkan. Namun, karena kuatnya guncangan gempa, akhirnya jamaah berhamburan keluar masjid. "Kami di sini sudah sering merasakan gempa, tapi yang kali ini cukup kuat dan membuat kami semua panik hingga berlarian ke luar masjid," katanya.

Sejurus kemudian, puluhan orang langsung berlari pulang ke rumah karena khawatir dengan keselamatan anak dan istrinya. "Menariknya, ada tiga orang di antara kami yang tetap bertahan di dalam masjid. Mereka yakin, masjid kami tetap akan kuat bertahan menghadapi gempa," sambung Liswadin.

Padahal, masjid agung ini masih dalam kondisi darurat, terbuat dari kayu, sehingga tidak ada yang retak-retak atau rusak. "Mungkin karena dari kayu sehingga bisa lentur ketika ada gempa," katanya lagi.

Liswadin mengatakan, situasi siang ini telah kembali normal. "Anak-anak tetap ke sekolah seperti biasa. Syukurlah, tidak ada bangunan yang sampai hancur ataupun rubuh. Keadaan sudah membaik, tadi cuma panik saja, takut airnya naik, tapi toh sampai sekarang tidak ada air naik," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com