Banjir Citarum dari Hulu sampai Hilir

Kompas.com - 20/03/2010, 10:14 WIB
EditorMarcus Suprihadi

KARAWANG, KOMPAS.com — Banjir akibat meluapnya Sungai Citarum dan anak-anak sungainya tidak hanya menyengsarakan warga Baleendah dan Dayeuhkolot di Kabupaten Bandung. Banjir juga menggenangi Kabupaten Karawang hingga di muaranya, yakni di Pantai Bagagia, Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, tanggul Citarum di Pantai Bahagia, semalam, jebol sehingga permukiman penduduk dan areal persawahan terendam.

Di Karawang, genangan banjir yang merendam ratusan rumah di beberapa daerah sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kini semakin meninggi dan meluas. "Air mulai naik pada Sabtu dini hari, padahal pada Jumat (19/3/2010) malam ketinggian air sempat menurun," kata Joko, salah seorang korban banjir di Perumahan Bintang Alam, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, Sabtu (20/3/2010).

Selain terus meninggi, sejak Sabtu dini hari tadi banjir juga semakin meluas hingga sampai ke daerah bagian depan perumahan tersebut. Padahal, sehari sebelumnya, banjir tidak sampai ke areal depan perumahan itu.

Kondisi yang sama terjadi di daerah lain, seperti di Perumahan Karawang Barat, Kecamatan Telukjambe Timur, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, dan beberapa daerah tetangganya. Ketinggian air di daerah banjir itu rata-rata antara 80 cm dan 1,5 meter. 

Akibatnya, tidak sedikit korban banjir yang harus mengungsi ke tempat yang lebih aman, seperti ke masjid dan tenda darurat yang dipasang oleh Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Alam Pemkab Karawang. 

Berdasarkan data terakhir Dinas Sosial Karawang, banjir di Karawang yang terjadi sejak Kamis (18/3) lalu kini telah merendam empat kecamatan, yakni Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Barat, Karawang Timur, dan Kecamatan Ciampel.

Di Kecamatan Ciampel, banjir merendam rumah-rumah di Desa Tegallega dan Kelurahan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur. Di Kecamatan Karawang Barat, banjir terjadi di lima kelurahan, Tanjungpura, Tanjungmekar, Adiarsa Barat, Karawang Kulon, dan Kelurahan Nagasari. 

Kemudian di Telukjambe Timur, banjir merendam Desa Wadas dan Desa Telukjambe. Banjir terparah terjadi di Perumahan Karawang Barat Indah, Desa Wadas, dan Perumahan Bintang Alam, Desa Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur, dengan beberapa titik air mencapai ketinggian 1-1,5 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.