Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Diintimidasi, Serbu KBS Gelar Unjuk Rasa

Kompas.com - 22/02/2010, 13:27 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan orang dari Serikat Buruh (Serbu) Kebun Binatang Surabaya (KBS) melakukan aksi unjukrasa di depan KBS. Mereka menyatakan sikap untuk mendukung apapun keputusan pemerintah demi menyelamatkan KBS.

"Aksi ini merupakan bentuk solidaritas karyawan untuk menyelamatkan KBS," ujar Koordinator Serbu KBS, Pontjo Soewardono, Senin (22/2/2010).

Menurut dia, selama ini para karyawan menerima intimidasi dari pihak yang mengatasnamakan yayasan untuk mendukung keberadaan yayasan. Pihak yayasan memaksa karyawan untuk menandatangani pernyataan yang berisi mendukung yayasan.

"Belakangan ini kami sering diintimidasi. Bahkan sejak Jumat lalu ada rumor yang mengatakan bahwa karyawan tidak menghendaki keputusan pemerintah. Padahal kami mendukung penuh apapun keputusan pemerintah," kata Pontjo.

Dia menjelaskan, beberapa karyawan kontrak juga sempat diancam jika mereka tidak mendukung yayasan, maka mereka akan dipecat. Selain berorasi Serbu KBS juga menggalang aksi tanda tangan mendukung penyelamatan KBS.

Petugas keamanan KBS dibantu Polisi Kehutanan menjaga ketat aksi tersebut. Walau hingga kini aksi masih berlanjut, namun aktivitas pengunjung yang datang ke KBS masih berlangsung normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com