Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayjen TNI M Noer Muis Jabat Pangdam I Bukit Barisan

Kompas.com - 13/02/2010, 02:48 WIB

Medan, Kompas - Mayor Jenderal TNI Muhammad Noer Muis dilantik menjadi Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan dalam upacara militer dengan inspektur upacara Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta di Medan, Jumat (12/2).

Dalam amanatnya, George Toisutta mengatakan, Kodam I Bukit Barisan memiliki peranan dan tanggung jawab yang penting dalam menjaga integritas wilayah.

Apalagi, jika dikaitkan dengan luasnya wilayah Kodam I Bukit Barisan yang membawahi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Oleh karena luasnya wilayah itu, kata KSAD, tidak jarang muncul berbagai masalah, baik berkaitan dengan suku, agama dan ras (Sara) maupun terkait dengan kepentingan ekonomi dan politik.

Tidak tertutup juga kemungkinan muncul oknum atau golongan yang ingin memaksakan kehendak tanpa memedulikan ketentuan yang berlaku.

Namun, lanjut KSAD, semua permasalahan itu dapat diselesaikan jika tercipta komunikasi dialogis dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Panglima Kodam I Bukit Barisan yang baru, Mayjen TNI Muhammad Noer Muis, sebelumnya menjabat Panglima Kodam XVI Patimura dan merupakan alumnus Akabri 1976.

Mayjen TNI Muhammad Noer Muis menggantikan Mayjen TNI Burhanuddin Amin yang dipromosikan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat.

Dalam pelantikan itu, hadir beberapa perwira tinggi, seperti Danjen Kopassus Mayjen TNI Lodewijk F Paulus, Asops KSAD Mayjen TNI Haryadi Soetanto, dan Aspers KSAD Mayjen TNI Ari Sujono. (MAR/ANTARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com