Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Unggul di Kota Tegal

Kompas.com - 20/04/2009, 20:32 WIB

TEGAL, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) unggul dalam penghitungan suara DPR RI dan DPRD provinsi, di wilayah Kota Tegal. Hal tersebut didasarkan pada hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2009, oleh KPU Kota Tegal, yang berlangsung sejak Minggu (19/4) sore hingga Senin (20/4) sore.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara DPR RI, PDI-P mendapatkan 26.901 suara, disusul Partai Demokrat 20.661 suara, Partai Golkar sebanyak 11.975 suara, PKS sebanyak 8.872 suara, dan PKB sebanyak 8.121 suara.

Untuk penghitungan suara DPRD Provinsi Jateng, PDIP juga unggul dengan 27.391 suara. Posisi kedua juga ditempati Partai Demokrat dengan 19.661 suara, dan posisi ketiga oleh Partai Golkar dengan 11.155 suara.

Perbedaan terletak pada posisi keempat dan kelima. Dalam penghitungan suara DPRD provinsi, posisi keempat ditempati PKB dengan 9.416 suara, sedangkan posisi kelima ditempati PKS dengan 9.144 suara.

Pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara tersebut sempat menuai berbagai protes dari saksi dan caleg. Sebagian besar protes disebabkan kesalahan memindahkan angka hasil penghitungan suara ke dalam kolom-kolom yang tersedia.

Anggota KPU Kota Tegal Divisi Hukum dan Pengawasan, Agus Wijanarko mengatakan, KPU tetap akan melampirkan bukti-bukti aduan atau keberatan dari masyarakat, pada laporan hasil rekapitulasi. Hal tersebut untuk dijadikan jejak, apabila persoalan berlanjut hingga pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com