Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Caleg di Kalteng Terganggu Jiwanya

Kompas.com - 13/04/2009, 15:27 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kepala Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat Kalawa Atei, Wineini Marhaeni Rubay, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (13/4), menuturkan, ada dua calon anggota legislatif dan tiga simpatisan yang mengalami gangguan jiwa akibat harapannya di pemilu legislatif tidak terpenuhi. Lima orang yang mengalami gangguan jiwa tersebut berasal dari tiga partai yang berbeda.

"Dari lima orang tadi, sebanyak dua orang melakukan konsultasi, sedangkan tiga lainnya harus rawat inap. Satu menginap di sini, satu di JAM (Joint Adulam Ministry), dan satunya lagi di institusi lain," kata Wineini.

Wineini enggan menyebut nama pasien dan partai politik, dengan alasan hal itu merupakan bagian dari rahasia jabatan. Dia menuturkan, dari lima orang tadi, dua mengalami gangguan jiwa ringan atau stres, satu mengalami gangguan jiwa sedang atau depresi, dan dua lainnya mengalami gangguan jiwa berat atau psikosis.

"Gejala yang timbul antara lain, sering mengoceh, tidak mau makan dan mandi, murung, atau mengamuk," katanya.

Wineini meminta agar masyarakat segera mencari bantuan medis apabila ada anggota keluarga atau kerabat yang memiliki gejala-gejala tersebut. "Sebab prinsipnya, semakin cepat ditangani, semakin teratur berobat, makin cepat netral kembali. Kami pun akan lebih mudah menyembuhkan. Kalau tidak cepat diobati, maka kekambuhan bisa lebih sering dan tidak mempan obat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com