Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangsal VIP untuk Pasien Jiwa

Kompas.com - 03/04/2009, 20:46 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meresmikan Gedung VIP untuk pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta, Jumat (3/4). Pembangunan gedung yang terdiri dari sembilan kamar itu menelan biaya lebih dari Rp 651 juta yang dibiayai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2008. Dalam kesempatan itu juga diresmikan Gedung Fisioterapi, Psikogeriatri, dan Poliklinik Tumbuh Kembang Anak.

"Ini fasilitas publik yang kami bangun. Seluruh rakyat boleh menggunakannya, tentu saja dia yang menderita sakit termasuk sakit jiwa," kata Bibit Waluyo.

Bangsal VIP, menurut Direktur RSJD Surakarta Muhammad Sigit WP, terdiri dari sembilan kamar VIP dengan fasilitas yang lebih dibandingkan bangsal biasa. Selain berisi kamar tidur pasien, kamar VIP juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, televisi, sofa, lemari es, dan tempat tidur penunggu. Ada satu kamar dikhususkan untuk satu pasien, sedangkan kamar biasa berisi lebih dari satu pasien. Kamar di bangsal VIP menetapkan tarif Rp 200.000 per hari. "Di kamar biasa, pasien tidak boleh ditunggui," kata Muhammad Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com