Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukun Ponari Asyik dengan Ponsel Barunya

Kompas.com - 21/02/2009, 12:15 WIB

JOMBANG — Muhammad Ponari (10) dukun cilik asal Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, akhirnya kembali ke bangku sekolah kemarin, setelah sekitar sebulan membolos.

Kembalinya Ponari disambut gembira oleh sejumlah teman sekelas. Bahkan saat masuk ke ruang Kelas III SDN I Balongsari, Ponari sempat digandeng beberapa temannya.

Begitu memasuki kelas, anak pasangan Khomsin-Mukharommah ini langsung menuju bangkunya yang ada di pojok kanan bagian belakang. Namun berdasarkan informasi, Ponari belum sepenuhnya mengikuti pelajaran.

“Dia lebih banyak asyik memainkan games di handphone-nya. Yah, untuk sementara kita biarkan. Ini kan hari pertamanya setelah sebulan tidak ke sekolah, mungkin dia memerlukan adaptasi lagi,” kata Miharso, Kepala Sekolah (Kasek) SDN I Balongsari.

Miharso menjelaskan, kembalinya Ponari ke bangku sekolah itu atas kehendak Ponari sendiri. Namun sebelum berangkat sekolah, jelas Miharso, Ponari mengajukan dua syarat, yakni tidak mau melakukan pengobatan selama di sekolah, dan tidak mau diliput wartawan.

"Karena itu kami minta kesadaran teman-teman wartawan agar untuk sementara ini tidak meliput kegiatan Ponari di sekolah. Biarkan dia menikmati keceriaan bersama teman-teman sekelasnya. Kami juga khawatir, Ponari ngambek dan tidak mau berangkat sekolah lagi," pinta Miharso.

Kisah Ponari berangkat ke sekolah itu sendiri lumayan menarik. Bocah yang selama ini selalu jalan kaki menuju sekolah yang berjarak sekitar 300 meter dari rumah orang tuanya, kemarin berangkat sekolah dengan naik jip Suzuki Katana milik Miharso.

Itu karena keberangkatan Ponari ke sekolah dijemput Miharso, bersama beberapa guru. Bahkan, Miharso sempat menggendong Ponari dari rumah ke mobil Katana. Ponari sendiri yang dikenal sebagai bocah pendiam dan pemalu, dalam pandangan Miharso nyaris tidak berubah.

"Dia tetap saja bocah pendiam, pemalu, dan penakut," kata Miharso.

Keberangkatan Ponari ke sekolah tak urung juga menarik perhatian pengunjung yang banyak berada di sekitar rumah Ponari. Mereka sebagian besar pengunjung yang menginap di rumah-rumah warga setempat, menunggu giliran berobat kepada Ponari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com