Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tokoh Utama Aksi Anarkis Diamankan Polisi

Kompas.com - 03/02/2009, 22:26 WIB

MEDAN, SELASA—Polda Sumut telah menangkap empat tokoh pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) yang diduga menjadi dalang aksi anarkis yang menewaskan Ketua DPRD Sumut Abdul Aziz Angkat, Selasa (3/2).

"Mereka sudah kita ambil (tangkap -red) tadi," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Baharudin Djafar saat dihubungi di Medan, Selasa (3/2) malam. Menurut Baharudin, empat tokoh Protap tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan secara intensif di Mapoltabes Medan.

Keempat tokoh Protap itu adalah anggota DPRD Sumut Jhon Eron Lumbangaol, dua mantan anggota DPRD Sumut, masing-masing GM Chandra Panggabean dan Burhanuddin Rajagukguk serta praktisi hukum, Datumira Simanjuntak, SH.

Jhon Eron Lumbangaol merupakan politisi dari PDI Perjuangan sedangkan GM Chandra Panggabean adalah mantan anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar dan Burhanuddin Rajagukguk berasal dari Partai Damai Sejahtera. Empat tokoh Protap tersebut ditangkap di salah satu hotel yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Medan.

Sebelumnya, seribuan massa pendukung Protap berunjukrasa di DPRD Sumut dan memasuki ruang sidang utama sambil membawa sebuah peti jenazah untuk menemui wakil rakyat yang sedang melakukan rapat paripurna. Ketua DPRD Sumut Aziz Angkat menskor rapat itu dan ia dibawa ke ruangan Fraksi Partai Golkar dan dicaci-maki, ditarik-tarik dan bahkan harus menerima perlakukan tidak pantas dari sejumlah pengunjuk rasa.

Diduga tidak kuat menahan serangan, Aziz Angkat yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut itu terkapar dan kemudian dilarikan ke rumah sakit Gleni Internasional Medan namun nyawanya tidak tertolong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com