Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pendukung Sultan Ziarah ke Imogiri

Kompas.com - 02/02/2009, 12:21 WIB

YOGYAKARTA - 4.000-an Pengurus Merti Nusantara, organisasi pendukung Sultan HBX untuk menjadi Presiden RI 2009, hari ini melakukan ziarah bersama ke Makam Raja-raja Mataram, Imogiri, Bantul.

"Tujuan kami, mendoakan keselamatan Bangsa Indonesia dan mendoakan Sri Sultan Hamengku Buwono X agar sukses menjadi Presiden RI pada Pemilu 2009," kata Bondan Nusantara, Wakil Sekjen Merti Nusantara, kepada Kompas.com, Senin (2/2).

Menurut Bondan, rombongan berangkat dari Grha Sabha Pramana, Bulaksumur, Yogyakarta menggunakan 60 bus. "Kami juga mengerahkan sejumlah mobil pribadi," katanya. Sebab, menurut Bondan, peserta datang dari seluruh Jawa. "Bus hanya dipergunakan untuk peserta dari luar Yogyakarta, sedangkan yang dari Yogyakarta dan sekitarnya menggunakan kendaraan pribadi.

Hingga saat ini, Merti Nusantara tetap bersikukuh bahwa Sultan HBX adalah calon presiden, bukan calon wakil presiden. "Yang jelas kami tetap menghendaki Sri Sultan menjadi Presiden RI. Persoalan perkembangan politik nanti, ya itu persoalan nanti," kata Bondan saat disinggung soal wacana Cawapres untuk Sultan HB X.

Di makam raja-raja Mataram Imogiri, seluruh peserta baik perempuan maupun laki-laki menggunakan pakaian adat Jawa. "Ini memang sudah menjadi tradisi di Imogiri, siapapun yang datang ke makam Imogiri harus memakai busana adat Jawa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com