Mutasi Polri, Sisno Adiwinoto Diganti Mathius Salempang

Kompas.com - 28/01/2009, 09:58 WIB
Editor

Laporan wartawan Kompas Sarie Febriane

JAKARTA, RABU — Kepala Polda Sulawesi Selatan dan Barat Inspektur Jenderal Sisno Adiwinoto yang juga mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri dimutasi menjadi Kepala Polda Sumatera Selatan. Posisi Sisno digantikan oleh Irjen Mathius Salempang. Sementara, Sisno menggantikan Kepala Polda Sumatra Selatan Irjen Ito Sumardi.

Hal itu dibenarkan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Abubakar Nataprawira, Rabu (28/1) pagi. Mathius Salempang sebelumnya adalah staf ahli Kepala Polri, yang sebelumnya juga menjabat sebagai Kepala Biro Analisis di badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Mathius juga sempat menangani perkara penyidikan pembunuhan aktivis HAM Munir.

Kabar rencana pergantian Sisno Adiwinoto sebenarnya sudah santer beredar sejak sebulan terakhir. Selama menjabat di Sulsel, Sisno beberapa kali didemo, baik oleh para mahasiswa di Makassar maupun dari kalangan wartawan. Salah satu pemicunya adalah penetapan tersangka Polda Sulsel terhadap Koordinator Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar Upi Asmaradana.


Sementara, Ito Sumardi sempat dikait-kaitkan dengan isu delapan jenderal di lingkungan Mabes Polri yang dianggap lalai dan membiarkan praktik perjudian di wilayah hukumnya. Pembiaran tersebut terjadi saat Ito menjabat sebagai Kepala Polda Riau. Meskipun Kepala Polri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri hanya memberlakukan sanksi teguran kepada delapan jenderal tersebut dan menegaskan mereka tidak membekingi perjudian.

Sepekan lalu, mutasi juga dilakukan Kepala Polri terhadap Kepala Polda Kepulauan Riau Brigadir Jenderal (Pol) Indradi Thanos. Posisi Indradi digantikan oleh Brigjen Pol Dikdik Mulyana Arismansyur yang jabatan sebelumnya adalah Kepala Biro Perencanaan Administrasi Badan Pembinaan Keamanan Polri. Indradi selanjutnya menjadi perwira tinggi di lingkungan Mabes Polri. Indradi sebelumnya sempat lama menjabat sebagai Direktur IV Narkoba di Bareskirm Mabes Polri.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X