Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Prioritaskan Pembangunan Jalan

Kompas.com - 08/01/2009, 16:38 WIB

SAMARINDA, KAMIS — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memprioritaskan pembangunan dan pemeliharaan jalan sebagai fokus kebijakan 2009. Jalan dinilai penting untuk menunjang aktivitas rakyat dan perekonomian.  

"Bersama pemerintah pusat, kami berupaya Jalan Lintas Kalimantan (JLK) benar-benar bisa selesai lalu dilintasi tahun ini," kata Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak seusai upacara Hari Ulang Tahun Kaltim ke-52 di Samarinda, Kamis (8/1).

JLK di provinsi ini meliputi sekitar 1.500 kilometer jalan nasional. Ruas ini membentang dari Kabupaten Paser yang berbatasan dengan Kalimantan Selatan di selatan sampai Kabupaten Malinau di utara. Masih ada ruas dari Malinau hingga Simanggaris di Kabupaten Nunukan yang berbatasan dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia, yang sedang diusulkan berstatus jalan nasional.

Yang amat disayangkan, ruas dari Bontang sampai Malinau relatif rusak. Panjang ruas tersebut kira-kira separuh dari jalan nasional di Kaltim.

Kerusakan jalan masih menjadi masalah yang menghantui pemerintah setempat. Kerusakan tidak akan pernah teratasi sebab dana tidak pernah cukup sehingga model penanganannya ibarat "gali lubang, tutup lubang".

Pemeliharaan jalan negara pada prinsipnya merupakan kewenangan pemerintah pusat. Daerah tidak bisa begitu saja membantu pembiayaan sebab melanggar aturan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com