Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudik Pakai Kereta Ekonomi

Kompas.com - 29/09/2008, 18:24 WIB

JIKA Anda masih merencanakan pulang mudik atau Anda yang akan balik ke kota tempat kerja menggunakan kereta ekonomi kelas ekonomi, beberapa tips berikut mungkin berguna. Anda mungkin akan berfikir antrian tiket yang panjang, penuhnya penumpang di kereta api ekonomi. Ditambah lagi semenjak H-10 hingga H+10, kelas ekonomi tidak memberlakukan pemesenan tiket dan membebaskan tempat duduk.

Dari beberapa pemudik yang diwawancarai Kompas.com di Stasiun Senen, Senin(29/9), ada beberapa tips yang bisa dicoba agar kita tidak terjebak oleh antrian yang panjang dan kesulitan mendapat tempat duduk karena saling berebutan. Mau tahu?  

1. Belilah tiket di stasiun kecil

Jika terbiasa membeli di stasiun besar seperti Stasiun Senen, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Kota, disarankan jangan mengulanginya lagi karena selain lama dan berdesakan mengantri, juga harus datang lebih awal. Belum lagi kekecewaan yang selalu menghantui karena ketika didepan loket ternyata tiket telah habis.

Untuk itu, Anda bisa mendatangi stasiun-stasiun kecil yang dilewati kereta yang akan dinaiki. Sebagai contoh, Anda bisa mendatangi Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara atau kalau perlu bisa mendatangi Stasiun Bekasi.

Kenapa demikian? Toh, dimanapun membeli tiket pasti akan mendapatkan tiket dan harga yang sama, yang penting masih berada dalam wilayah Jabodetabek. Dengan cara ini Anda telah meminimalisir masalah antrian tiket dibanding anda mengantri di Stasiun tempat kereta akan berangkat.  

2. Naik kereta sebelum KA tiba di stasiun pemberangkatan

Dari pada menunggu kereta di stasiun keberangkatan, ada baiknya Anda menunggu kereta di stasiun sebelumnya ketika kereta mengangkut penumpang menuju Jakarta.

Sebagai contoh, jika akan menuju Surabaya menggunakan KA Gaya Baru Malam yang berangkat pukul 12.00 siang dari Stasiun Kota, biasanya penumpang telah menunggu sejak pagi di stasiun tersebut. Sebaiknya ubah pola tersebut. Anda bisa menunggu kereta di Stasiun Jatinegara pada jam tujuh pagi di mana masih mengangkut penumpang dari Surabaya menuju Jakarta.

Setelah kereta itu tiba, naiklah dan carilah tempat duduk yang Anda inginkan. Dengan cara ini, walaupun sama-sama menunggu dari pagi, namun tidak perlu berebutan dan berdesakan mencari tempat duduk ketika kereta api tiba di stasiun tujuan.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com