Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu-ibu Tua itu Kelelahan Antre BLT

Kompas.com - 17/09/2008, 14:57 WIB

SITUBONDO, RABU - Ribuan penerima bantuan langsung tunai (BLT) yang didominasi kaum ibu lanjut usia di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (17/9), harus rela berdesak-desakan untuk mendapatkan uang kompensasi kenaikan BBM tersebut.
    
Meski tidak menimbulkan kericuhan dan korban jiwa, sebagian besar kaum ibu lanjut usia yang ikut mengantre itu sempat mengalami kelelahan. Mereka rela berdesak-desakan karena berebut ingin segera mendapatkan dana BLT sebesar Rp 400.000 per rumah tangga sasaran untuk bulan September-Desember 2008.
    
Selain itu, pihak Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, juga hanya membuka satu loket kendati di kantor itu tersedia tiga loket. Penyaluran dana BLT satu loket itu sempat dikeluhkan para ibu lanjut usia. Menurut Jamilah (60), pihak kelurahan sebenarnya bisa menggunakan tiga loket yang ada di kantor kelurahan.
    
"Namun, nyatanya hanya satu loket sehingga kami harus berdesak-desakan," kata Jamilah. Kepala Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Eko Triyono berkilah untuk penyaluran dana BLT kepada 2.207 orang, kelurahan sengaja hanya menyediakan satu loket karena penyaluran dana kompensasi kenaikan harga BBM itu dibagi dua bagian.
    
"Untuk separuhnya dilayani pagi hari, sisanya sore hari. Namun, kenyataannya banyak yang berebut mencairkan dana BLT pada pagi hari," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com