Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baron de Coubertin Bikin Olimpiade "Hidup" Lagi

Kompas.com - 06/08/2008, 00:03 WIB

OLIMPIADE merupakan even olahraga internasional yang mempertandingkan banyak cabang olahraga. Pesta olahraga ini diikuti oleh seluruh negara di dunia yang terdaftar di Komite Olimpiade Internasional (IOC)--organisasi ini berdiri pada tahun 1894.

Even ini terbagi menjadi dua, yakni Olimpiade musim panas dan Olimpiade musim dingin, yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Awalnya, dua Olimpiade ini berlangsung pada tahun yang sama dan berlangsung hingga tahun 1992.

Tetapi sejak tahun 1994, Olimpiade musim panas dan musim dingin dipisahkan. Olimpiade musim dingin yang dimulai tahun 1924 itu tetap dilaksanakan empat tahun sekali, dengan selang dua tahun setelah Olimpiade musim panas.

Olimpiade musim panas untuk pertama kalinya terselenggara pada tahun 1896 di negara Yunani, tepatnya kota Athena. Setelah itu, tuan rumah pesta olahraga tersebut berpindah dari satu negara ke negara lain, dan tahun 2004 sempat kembali lagi ke "rumah" lamanya di Yunani untuk terselenggaranya Olimpiade XXVIII.

Tahun 2008 ini, Beijing mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade XXIX, dan empat tahun mendatang giliran Kota London yang menjadi penyelenggara.

Pada awalnya, Olimpiade hanya berlangsung di Yunani kuno. Tetapi even ini kemudian dihidupkan kembali oleh seorang bangsawan Perancis, Pierre Fredy, Baron de Coubertin pada akhir abad ke-19. Olimpiade yang lebih dikenal di Indonesia, Olimpiade musim panas, telah diadakan setiap empat tahun sekali sejak 1896, kecuali tahun-tahun pada masa Perang Dunia II.

Partisipasi Indonesia

Indonesia pertama kali berpartisipasi pada Olimpiade 1952 di Helsinki, Finlandia. Sejak saat itu, Indonesia tak pernah absen pada tahun 1956, 1960 1964, 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004 dan sekarang, tahun 2008 di Beijing.

Meskipun demikian, Indonesia baru bisa meraih medali pada Olimpiade Seoul 1988 di Korea Selatan. Trio pemanah Indonesia berhasil menyabet medali perak cabang panahan beregu putri yang anggotanya adalah Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani dan Lilies Handayani.

Pada Olimpiade Barcelona 1992 di Barcelona, Spanyol, medali emas pertama bagi kontingen Indonesia sepanjang sejarah Olimpiade dipersembahkan oleh Susi Susanti (bulutangkis, tunggal putri) disusul oleh Alan Budikusuma (bulutangkis, tunggal putra). Perak dipersembahkan Ardi Bernardus Wiranata (bulutangkis, tunggal putra), Eddy Hartono/Rudy Gunawan (bulutangkis, ganda putra) dan perunggu disabet Hermawan Susanto (bulutangkis, tunggal putra).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com