Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Guru Yogya Unduh Materi BSE Bersama

Kompas.com - 03/08/2008, 06:02 WIB

Laporan wartawan Kompas Defri Werdiono

YOGYAKARTA, SABTU- Jika sebagian besar remaja di Yogyakarta menghabiskan malam minggu dengan bersenang-senang dan memadu kasih, tidak demikian dengan guru. Sekitar 50 guru sekolah menengah di Provinsi DI Yogyakarta, sejak pukul 19.00 tadi melakukan browsing internet bersama.

Browsing bersama dilakukan di bawah pepohonan di pinggir jalan depan Kantor Daerah Telkom Yogyakarta, di Kota Baru atau di sebelah utara Stadion Kridosono. Mereka berusaha mengunduh (men-down load) materi Buku Sekolah Elekronik (BSE), dengan beralaskan karpet.

Manager Customer Care Kantor Daerah (Kandatel) Telkom Yogyakarta Iyun Rahayu, kepada Kompas, menjelaskan, hal ini merupakan kegiatan pertama. Rencananya, browsing bersama dilakukan setiap Sabtu malam. Lokasinya juga tidak hanya di depan Kandatel, tetapi di kabupaten lain yang ada di wilayah Kandatel Yogyakarta, seperti Kebumen, Purworejo, dan Magelang di Jawa Tengah.

"Untuk pertama ini yang ikut para guru. Namun, bila ada siswa atau remaja yang ingin bergabung dipersilakan," kata Iyun. Selaku motor dari kegiatan ini, pihak Telkom menyediakan sejumlah fasilitas, mulai 20 unit laptop, CD, hotspot (speedy zone), sumber energi listrik, dan layar besar. Mereka juga melengkapi dengan makanan kecil, serta disediakan warung angkring yang semuanya. gratis.

Kegiatan yang dilakukan dengan menggandeng Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta ini dirasakan sangat membantu. Sebelumnya, pihak sekolah masih menemui kendala ketika menguduh materi BSE, terutama dalam hal kecepatan akses. Proses unduh materi lambat.

Ibrahim, Guru SMKN 2 Depok, Sleman, yang ikut browsing berharap tidak hanya guru yang bisa memanfaatkan fasilitas ini, tetapi juga siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com