Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

261 Orang di Kaltim Menderita Kusta

Kompas.com - 20/02/2008, 16:39 WIB

SAMARINDA, RABU- Selama tahun 2007, di Kalimantan Timur ada tambahan penderita kusta sebanyak 159 orang, sehingga saat ini jumlahnya mencapai 261 orang.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Jurnanto, di Samarinda, Selasa (20/2), mengatakan,  pendeteksian penderita kusta meningkat tajam. Padahal, secara komulatif jumlah penderita kusta pada tahun 2006 baru tercatat sebanyak 102 orang.

Menurut Jurnanto, Kabupaten Nunukan merupakan daerah yang memiliki jumlah kasus terbesar dengan tingkat prevalensi mencapai dua orang penderita dari 100.000 penduduk. Kemudian disusul Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, dan Penajam Paser Utara, dengan prevalensi satu penderita dari 100.000 penduduk.

Menurut dia, mayoritas penderita kusta di Kaltim adalah para pendatang dari Pulau Jawa dan Sulawesi.  "Penyebaran penyakit kusta di Kaltim dipengaruhi migrasi penduduk dari daerah di luar Kaltim, sehingga banyak penderita kusta ditemukan di kawasan pesisir," katanya.

Jurnanto menjelaskan. program kesehatan yang diberikan untuk menanggulangi penyakit kusta adalah dengan metode pencarian secara aktif melalui tenaga medis di puskesmas di 13 kabupaten dan kota. Mereka yang terdeteksi akan diberi pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.  

Kusta atau Lepra atau disebut juga Morbus Hansen adalah penyakit yang disebabkan bakteri mycobacterium leprae. Penyakit tersebut menyerang saraf tepi pada kulit manusia sehingga penderita kehilangan indra perasa. Kendati daya penularannya sangat rendah, masih banyak penderita yang merasa malu untuk berobat karena kusta menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com