Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat JSI: Ganjar-Heru Menang

Kompas.com - 26/05/2013, 15:13 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko menang versi dalam penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Berdasarkan perhitungan suara JSI yang masuk hingga 95 persen, pasangan Ganjar-Heru unggul dengan perolehan 48,73 persen. Adapun pasangan Bibit-Sudijono 30,14 persen dan Hadi-Don Murdono 21,11 persen.

Jumlah tersebut diambil dari 380 tempat pemungutan suara. Pengamat politik Universitas Diponegoro Budi Setiyono mengatakan, kemenangan Ganjar-Heru dalam pemilihan ini bukan hanya besarnya partai pengusung yakni PDI Perjuangan, melainkan juga sosok baru Ganjar yang diharapkan bisa memberikan perubahan.

"Meski baru quick count namun ini menunjukkan adanya keinginan masyarakat menuju perubahan," ujar Budi.

Budi mengatakan, Ganjar memiliki keunggulan dengan hanya diusung satu partai besar. Yakni memiliki program yang konsisten. "Untuk pasangan lain tidak konsisten karena antar pengusung juga memiliki visi-misi berbeda," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Garuda Ridwan mengatakan hasil ini diharapkan tidak jauh berbeda dengan hasil akhir perhitungan KPU nantinya. "Kemenangan Ganjar-Heru diharapkan menjadi perubahan dan sesuai keinginan rakyat Jawa Tengah," kata Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com