Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol, Pemakaman Terendam Selutut

Kompas.com - 07/04/2013, 15:02 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Puluhan rumah di Desa Tarogong, Kabupaten Garut, terendam banjir akibat tanggul di Sungai Ciojar jebol, dan air sungai meluap saat diguyur hujan deras pada Sabtu (6/4/2013) malam. Bahkan kompleks pemakaman terendam hingga 50 Cm, atau selutut orang dewasa.

Salah seorang pegawai Desa Tarogong, Rahmat mengatakan, kawasan rumah warga yang terendam banjir berada di Kampung Tarogong Kolot. Setelah didata, jumlah rumah yang kebanjiran mencapai 50 kepala keluarga. Lokasi rumah warga tersebut hanya berjarak beberapa meter dari tanggul jebol.

"Saat hujan deras malam tadi, ada tanggul sungai jebol dan air meluap ke permukiman warga di dekatnya. Beruntung tak ada korban jiwa, meski beberapa rumah diketahui tidak bisa dihuni karena masih terendam banjir," terang Rahmat, saat dihubungi pada Minggu (7/4/2013).

Selain merendam puluhan rumah warga, air sungai itu pun merendam beberapa perkantoran pemerintah di Desa Tarogong. Bahkan, lahan yang dijadikan kompleks pemakaman desa pun terendam air setinggi lutut orang dewasa.

"Tingginya semalam mencapai selutut orang dewasa ada, lah. Kalau di rumah yang dekat dengan tanggul ada bagian dinding rumah yang retak-retak, dan tinggi air mencapai satu meteran," ujar Rahmat.

Kini, warga masih sibuk membersihkan sisa-sisa banjir seperti lumpur dan sampah yang berserakan di rumahnya masing-masing. Meski, air banjir telah surut, warga masih khawatir akibat banjir susulan. Terlebih, intensitas hujan masih tinggi terjadi di kawasan Garut dan sekitarnya. Warga pun sebagian ada yang mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com