Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Miskin di Madiun Beli Sembako Murah

Kompas.com - 20/03/2013, 17:41 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com — Di tengah tingginya harga bahan pokok saat ini, ribuan warga kurang mampu di Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (20/3/2013), memadati arena pasar murah yang diadakan di Desa Metesih.

Mereka memborong beragam bahan kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng, dan mi  instan yang dijual dengan harga lebih murah dari harga toko. Bahkan, selisihnya hingga Rp 2.500 per kg.

Bupati Madiun Muhtarom mengatakan, pihaknya sengaja menggelar pasar murah untuk membantu warga tidak mampu memenuhi kebutuhan bahan pokok. Oleh karena itu, harga barangnya dijual jauh lebih rendah dari harga toko supaya benar-benar terjangkau.

"Kami sengaja mengalokasikan anggaran dari APBD untuk memberikan subsidi harga bahan pokok sehingga lebih murah. Besaran subsidinya bervariasi berdasar jenis barangnya," ujarnya.

Sebagai gambaran, beras dijual dengan harga Rp 5.000 per kg, sedangkan harga di pasar Rp 7.500 per kg. Gula pasir dijual Rp 8.500 per kg, sementara harga pasar Rp 11.000 per kg.

Tidak hanya itu, minyak goreng kemasan yang dipasar dijual Rp 11.000 per kg, di pasar murah hanya Rp 8.000 per kg. Mi instan dan sabun colek juga disediakan dengan harga lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com