Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu Ada Maskapai Gantikan Batavia Air

Kompas.com - 01/02/2013, 16:43 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Maluku berharap ada maskapai penerbangan lain yang dioperasikan untuk menggantikan rute penerbangan yang dilayani Batavia Air setelah perusahaan penerbangan itu dinyatakan pailit dan berhenti beroperasi.

"Jika tidak ada, maka bisa berimbas pada mahalnya harga tiket pesawat dari Ambon ke Jakarta ataupun sebaliknya. Pasalnya, maskapai penerbangan yang melayani jalur itu berkurang," ujar Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku John Rante di Ambon, Maluku, Jumat (1/2/2013).

Setelah Batavia Air berhenti beroperasi, rute penerbangan Ambon-Jakarta ataupun sebaliknya hanya dilayani maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Setiap hari, ada lima penerbangan yang dilayani tiga maskapai ini.

Saat masih beroperasi, Batavia Air melayani dua rute penerbangan dari Ambon ataupun dari Jakarta, yaitu Ambon-Jakarta dan Ambon-Surabaya-Jakarta.

John melanjutkan, Dinas Perhubungan Maluku akan menulis surat ke Kementerian Perhubungan terkait harapan ini. "Semoga saja ada maskapai lain yang masuk, dan menggantikan rute penerbangan yang dilayani Batavia Air itu," ujarnya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com