Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Satu RT Boikot Pilgub Papua

Kompas.com - 29/01/2013, 18:10 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com -- Tak mendapat kotak suara hingga siang hari, warga RT 4, Kelurahan Kwamki Baru, Distrik Mimika Baru akhirnya memutuskan untuk memboikot pemungutan suara Pemilihan Gubernur Papua pada hari ini.

Thomas Wanmang, salah seorang tokoh warga Amungme yang bermukim di RT 4 yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, warga yang bermukim di RT 4 siang tadi sepakat untuk memboikot pemungutan suara TPS 107. Menurutnya, telah terjadi pemungutan suara fiktif di tempat lain yang mengatasnamakan TPS 107.

Wanmang mengaku sudah bertemu dengan perwakilan KPUD Mimika yang datang ke TPS 107 siang tadi, dan mereka sudah menyampaikan berita acara terkait penolakan warga ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sejumlah TPS di Kelurahan Kwamki Baru, Distrik Mimika Baru, hingga siang tadi belum mendapat kotak suara. Warga yang sudah berkumpul sejak pagi di rumah Ketua RT 4 Kelurahan Kwamki Baru pun kecewa, terlebih setelah memeriksa nama-nama di daftar pemilih tetap (DPT), sebagian besar nama warga RT 4 tidak tercantum.

Sementara itu, di TPS 109 Kelurahan Kwamki Baru, sampai pukul 13.00 siang tadi, jumlah pemilih hanya 2 warga saja. Minimnya warga yang ikut dalam pemungutan suara disinyalir akibat kesalahan DPT.

Namun hingga sore tadi, seorang anggota Majelis Rakyat Papua asal Kabupaten Mimika memaksa untuk tetap melakukan pemungutan suara di TPS 109, dan meminta warga setempat untuk memilih, meski tidak terdaftar dalam DPT. Aksi pemungutan suara di luar jadwal ini, tidak mendapat teguran dari Panwaslu Mimika ataupun pihak kepolisian yang menyiagakan 1 personel di tiap TPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com