Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pendaki Semeru Mulai Berdatangan

Kompas.com - 31/12/2012, 15:39 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com -- Menjelang pergantian tahun, ratusan pendaki mulai berbondong-bondong menuju ke Ranupane atau pos pertama menuju Gunung Semeru. Sebagian dari mereka ada juga yang mengunjungi danau Ranupane, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, jumlah pendaki menuju Semeru sejak dibuka 24 Desember 2012 lalu, hingga Senin (31/12/2012) sudah mencapai 500 lebih.

"Sejak dibuka, kita hanya memberikan izin mendaki sampai Kalimati saja, tidak boleh ke puncak. Hal itu demi keselamatam pendaki dan wisatawan, khawatir ada hal yang tak diinginkan, karena saat ini musim hujan," jelasnya, melalui sambungan telepon, Senin (31/12/2012).

Lebih lanjut Ayu berharap para pendaki mematuhi aturan yang telah ditetapkan. "Saya juga mengimbau agar semua pengunjung berhati-hati ketika melakukan pendakaian, serta melakukan persiapan yang matang," harapnya.

Saat ini tambahnya, kondisi cuaca tidak bagus, sering terjadi hujan deras. "Saya sudah menurunkan sejumlah petugas dari taman nasional untuk melakukan patroli dan berjaga-jaga di kawasan taman nasional yang diperkirakan pada saat malam pergantian tahun akan dipenuhi pengunjung," katanya.

Ayu juga berharap, selama perjalanan, tidak terjadi hal apapun pada pengunjung. "Dari itu, pengunjung diharapkan berhati-hati dan menaati aturan yang ada," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com