Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Natal, TNI Gelar Pasar Murah di NTT

Kompas.com - 15/12/2012, 19:58 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

RUTENG, KOMPAS.com - Menyambut perayaan Natal 2012, Kodim 1612 Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menyelenggarakan Bakti Natal 2012 dengan menggelar pasar murah di Kampung Timung, Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai, Sabtu (15/12/2012).

Acara pasar murah itu diawali dengan acara Kapu atau penyambutan secara adat oleh tokoh adat Timung. Sekendi tuak simbol "selamat datang" dari warga diterima Perwira Penghubung Kodim 1612 Manggarai, Mayor, Inf Marsel Sudirman.

Mewakili Komandan Kodim (Dandim) 1612 Manggarai yang hadir dalam acara tersebut, Mayor Inf. Marsel di hadapan lebih dari 700 kepala keluarga miskin Desa Golo Cador menyampaikan, aksi sosial Kodim 1612 khusus dilakukan di desa-desa yang mengalami gagal panen akibat kemarau panjang beberapa waktu lalu, yang kemudian memicu kenaikan harga sembako di pasaran.

"Paket sembako yang dijual dalam pasar murah ini khusus untuk kepala keluarga (KK) miskin yang sawahnya mengalami gagal panen. Kodim 1612 Manggarai mencoba membantu dengan cara menjual paket sembako setengah dari harga pasaran, mudah-mudahan paket sembako murah ini menjadi bekal perayaan Natal nanti," katanya.

Mayor Marsel menjelaskan, paket hemat sembako yang dijual murah yakni beras, gula pasir dan minyak goreng . Beras misalnya, jika di pasaran dijual dengan harga Rp 9.500, di pasar murah ini diberi harga Rp 5000. Setiap KK bisa membawa pulang 5 hingga 10 kg tergantung jumlah anggota keluarga.

Begitu juga dengan gula pasir, Jika harga toko dibandrol Rp 14.000 per kilogram, di pasar murah Kodim dibeli Rp 10.000. Demikian pula dengan minyak goreng dan bahan pokok lainya semua dijual dengan separuh harga.

"Harga tiga paket sembako itu disubsidi 40 hingga 50 persen. Anggap saja ini hadiah Natal dari TNI, khususnya Kodim 1612 kepada KK miskin di Kecamatan Wae Rii," ujarnya.

Dandim 1612 Manggarai.Letkol Inf. Jacky Ariestanto mengatakan, acara serupa sebelumnya sudah dilakukan di Kecamatan Satar Mese Barat yakni di Desa Hilihintir. Untuk Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Rii, dilayani lebih dari 700 KK. "Saya senang sekali karena semua kepala keluarga miskin yang datang dalam pasar murah ini terlayani," kata Letkol Inf. Ariestanto.

Dia jelaskan, gelar bakti Natal itu merupakan kerja sama antara Kodim 1612 Manggarai dengan CV Wijaya Mandiri Cell Ruteng. "Kita sangat berterima kasih kepada pimpinan Wijaya Mandiri yang telah menjadi donatur kegiatan sosial ini. Diharapkan ada pengusaha lain yang bersedia menjadi penggalang kegiatan kemanusiaan seperti ini ke depanya," ungkapnya.

Selain pasar murah, lanjut Jacky, kedua pihak sudah melakukan kegiatan sosial lain yakni khitanan Massal dan pengobatan gratis serta pemberian santunan berupa uang untuk KK miskin yang dipilih dari beberapa Desa.

"Khitanan massal sudah kita lakukan di Kecamatan Reo. Untuk pengobatan gratis, Wijaya Mandiri dan TNI berencana menggelarnya awal 2013 mendatang. Sementara pemberian santunan Natal untuk KK miskin akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum perayaan Natal," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com